TEKNOARENA.NET – Dilansir techadvisor.com, Ponsel Xiaomi di seri Poco secara tradisional memberi kompetensi multimedia tingkat tinggi dengan harga terjangkau, tidak terkecuali Xiaomi Poco M4 Pro yang akan kami bahas disini.

Terlepas dari nama yang sama dengan saudaranya yaitu Poco M4 Pro 5G, namun justru Poco M4 Pro (tanpa 5G) hadir dengan sangat berbeda, dari desain hingga tampilan, dan dari kamera hingga CPU.

Sudah tidak diragukan lagi bahwa Poco M4 Pro adalah ponsel superior dibandingkan saudaranya dengan embel-embel 5G-nya dan menjadi pilihan yang cocok bagi siapa pun yang mau mengorbankan kecepatan jaringan 5G dengan performa yang maksimal.

Design & Build

  • 8.1mm
  • 179.5g
  • Tidak ada IP rating

Seperti Poco M4 Pro 5G, Poco M4 Pro memberikan kesan yang cukup baik sebagai ponsel flagship. Dengan melihat sekilas ponsel dari belakang, membuat sobat tekno befikir bahwa harga murah yang ditawarkan tidak sebanding dengan kualitasnya.

Dengan ketebalan 8.1mm dan berat 179.5g, ini lebih ramping dan lebih ringan daripada model 5G. Dengan layar ponsel yang lebih kecil relatif dapat dikantongi.

Hanya ada tiga warna yang ditawarkan Poco M4 Pro, tetapi ada perbedaan yang cukup dramatis antara model Power Black dan model Poco Yellow yang populer. Ada juga versi Cool Blue yang berada di antara kedua kutub ini.

Salah satu fitur khas Poco adalah seperangkat speaker ganda (stereo), dan hadir pula di M4 Pro. Fitur ini tidak boleh dianggap remeh, bahkan dengan OnePlus Nord CE 2 memilih menggunakan speaker mono.

Layar

  • AMOLED
  • 6.4in 90Hz
  • Warna dan kecerahan yang mengesankan

Tampilan yang digunakan pada Poco M4 Pro benar-benar berbeda dengan model 5G. Ini sedikit lebih kecil pada 6,4 inci (versus 6,6 inci), tetapi tidak berarti kualitas layarnya berkurang, tetap memiliki resolusi Full HD+ 2400 x 1800 yang sama.

Keduanya memiliki layar berkecepatan refresh 90Hz, meskipun defaultnya adalah 60Hz. Sobat tekno juga bisa mendapatkan kecepatan sampling rate 180Hz yang tangguh dengan M4 Pro, yang berarti bagus dan responsif untuk melibas game favorit.

Tetapi poin pembicaraan utama di sini adalah peralihan dari teknologi panel AMOLED – yang pertama dari jenisnya yang muncul di seri-M Poco, tidak kurang. Hal ini membuat layar Poco M4 Pro jauh lebih hidup daripada LCD Poco M4 Pro 5G, dengan rentang dinamis yang lebih besar, warna hitam yang lebih pekat, dan warna putih yang lebih bersih.

Kami mencatat puncak kecerahan mencapai 428 nits dengan kecerahan otomatis dimatikan, tetapi Xiaomi mengklaim bisa mencapai 1000 nits penuh dengan kecerahan otomatis diaktifkan.

Spesifikasi & Performa

  • MediaTek Helio G96
  • 6/8GB RAM
  • 128/256GB penyimpanan

Berbeda dengan saudar 5G-nya dimana untuk chipset ditenagai oleh MediaTek Dimensity 810, sedangkan Poco M4 Pro ditenagai MediaTek Helio G96. Chip terakhir ini dibuat menggunakan proses 12nm yang lebih lama dan kurang efisien (vs 6nm), dan merupakan prosesor yang sama pada Redmi Note 11S dan Realme 8i.

SoC M4 Pro tampaknya memiliki CPU yang jauh lebih cepat daripada saudara 5G-nya, rata-rata Geekbench 5 multi-core dengan skor 1836  dibandingkan dengan 5G yang hanya mencetak skor 1582.

Sebaliknya, chip Poco M4 5G tampaknya memiliki GPU yang sedikit lebih baik, dengan semua tes benchmark GFX Bench kami mengungkapkan keunggulan beberapa fps (frame per detik) dibandingkan Poco M4 Pro.

Model yang kami uji kali ini ditenagai dengan RAM 6GB, untuk versi yang lain menacapai RAM 8GB. Terlepas dari itu, Poco M4 Pro dapat menggunakan Teknologi Ekspansi RAM Dinamis Xiaomi, yang dapat meminjam penyimpanan internal 3GB dari ROM 128- atau 256GB untuk memori tambahan.

Berbicara untuk ruang penyimpanan, tersedia slot microSDXC untuk ekspansi

Kamera

  • 64Mp main camera
  • 8Mp ultrawide
  • 2Mp macro
  • 16Mp selfie camera

Poco M4 Pro memiliki fitur sistem tiga kamera dengan 64Mp sebagai sensor utama, yang merupakan pertama dari jenisnya yang muncul di seri-M. Model 5G, sebagai catatan, hanya menggunakan sensor 50Mp.

Secara default, kamera mengambil bidikan 16Mp menggunakan binning piksel 4-in-1, tetapi Anda dapat memilih untuk menggunakan bidikan 64Mp all-in jika diinginkan. Sensor utama ini didukung oleh sensor ultra-wide 8Mp dan sensor makro 2Mp.

1647261149420
Hasil Jepretan Poco M4 Pro 5G

Kualitas gambar cukup baik, setidaknya saat diberi banyak cahaya. Reproduksi warna bagus dan alami.

Perekaman video sangat mengecewakan pada resolusi 1080p hanya mendapatkan 30fps. Poco M4 Pro 5G setidaknya dapat mencapai 60fps di resolusi 1080p.

Kapasitas Baterai & Pengisian Daya

  • 5000mAh
  • 33W fast charging
  • Dilengkapi Adapter

Poco M4 Pro ditenagai oleh baterai 5000mAh. Itu bagus dan kapasitas besar, tetapi juga cukup khas digunakan untuk ponsel dalam kategori harga ini.

Baterai besar cocok untuk penggunaan berat sehari penuh seperti aktivitas ojol, sedangkan penggunaan ringan hingga sedang bisa sampai dua hari penuh.

Yang menarik adalah kinerja Poco M4 Pro sedikit lebih baik daripada M4 Pro 5G dalam pengujian baterai standar kami. Dengan benchmark baterai PCMark Work 3.0, yang mensimulasikan kinerja baterai ponsel di bawah beban yang berkelanjutan dan beragam, Poco M4 Pro bertahan 10 jam 56 menit, lebih baik dibandingkan untuk saudara 5G-nya.

Kecepatan pengisian daya sangat mirip dengan saudaranya yaitu Poco M4 Pro 5G, seperti yang sobat Tekno harapkan mengingat ukuran baterai yang sama dan pengisi daya 33W yang sudah disertakan di dalam kotak. Kami bisa mendapatkan dari 0 hingga 29% dalam 15 menit, dan hingga 59% dalam setengah jam. Satu jam penuh pengisian daya mencapai 99%.

Software dan Aplikasi

  • Android 11
  • MIUI 13

Poco M4 Pro menggunakan MIUI 13 sebagai antarmukanya dengan OS Android 11. Memang, potensi personalisasi MIUI adalah kekuatan utamanya. Aplikasi Tema menyediakan tampilan depan layar beranda khusus dan paket ikon yang cocok, sehingga memberikan tampilan yang benar-benar segar pada ponsel sobat Tekno.

Harga

Poco M4 Pro sudah tersedia dipasaran dengan harga mulai dari 2.9 Juta untuk 6/128 dan 3.4 Juta untuk 8/256