TEKNOARENA – Mendengar kata laptop gaming pasti yang terlintas adalah harga yang selangit, eits! ternyata ada lho beberapa pilihan yang bagus untuk laptop gaming dengan budget terbatas tentu saja ada fitur yang dibatasi ya, tapi itu gak masalah sih namanya juga budget terbatas. Yuk langsung aja kita bahas guys laptop gaming terjangkau

Ada berbagai alasan mengapa banyak laptop gaming harganya bisa selangit mulai dari processor kelas tertinggi yang mumpuni dan vga kelas atas, bahkan mungkin kita juga membayar untuk sebuah brand atau hal-hal lain seperti desain portabel yang elegan setipis wafer.

Di bawah ini adalah laptop gaming terjangkau terbaik. Silahkan klil link dibawahnya untuk informasi lebih detail terkait spesifikasi dan pembelian

1. Asus TUF Gaming A15

Pros

  • 144Hz refresh rate
  • Solid CPU/GPU
  • Desain yang colorfull

Cons

  • Memory terbatas
  • Tampilan layar kurang berwarna

Laptop Asus TUF telah menjadi pilihan favorit untuk laptop gaming dengan budget terbatas salahsatunya adalah seri A15

Dengan resolusi layar Full HD dan 144Hz dan yang didukung oleh komponen yang sangat baik yaitu AMD Ryzen 5 dan Nvidia GTX 1650 menjadikan laptop ini luar biasa dan sudah cukup mumpuni untuk melayani game game terbaru.

Asus Tuf memiliki banyak desain warna dibandingkan dengan rival salahsatunya adalah warna biru seperti digambar

Klik untuk beli di Shopee !

Klik untuk beli di Tokopedia!

Klik untuk beli di Lazada!

2. Acer Nitro 5 AN515 I5

Pros

  • 144Hz refresh rate
  • Solid Keyboard

Cons

  • Daya tahan baterai biasa saja
  • Tampilan layar kurang berwarna

Acer Nitro 5 adalah salah satu laptop gaming paling terjangkau, dan memiliki komponen yang bagus meskipun dengan budget terbatas.

Dibekali dengan grafis GTX1650 tentu saja sudah bisa melibas game-game terkini, dan dibekali prosesor i5 generasi anyar sudah cukup melayani pekerjaan multi-tasking dan sehari-hari. Keyboardnya juga nyaman dan laptopnya tidak terlalu panas dan tidak bising.

Tentu saja, harga terjangkau berarti ada hal yang harus dikorbankan. Seperti di bagian layar, meskipun mendukung refresh rate 144Hz namun tampilan agak pucat dan masa pakai baterainya buruk. Anda juga tidak mendapatkan banyak fitur tambahan lainnya. Tetapi jika Anda menginginkan laptop gaming yang terjangkau dengan kinerja inti yang baik, Acer nitro adalah pilihan yang baik.

Klik untuk beli di Shopee!

Klik untuk beli di Tokopedia!

Klik untuk beli di Lazada!

3. Lenovo IdeaPad Gaming 3i

Pros

  • Desain yang atraktif
  • Keyboard oke punya
  • 120 Hz refresh rate

Cons

  • Portnya terbatas
  • Ukuran SSD kecil
  • Tampilan layar kurang berwarna

IdeaPad menjadi laptop gaming terjangkau untuk Lenovo, dibekali oleh grafis dari GTX 1650 sudah cukup melibas game-game terkini dan prosesor nya ditenagai oleh Core i5 generasi terbaru yang cukup baik digunakan untuk penggunaan sehari-hari

Dengan desain yang cukup mengesankan dan dibekali oleh keyboard yang senyap membuat kita semakin nyaman.

Ada banyak hal yang disukai termasuk kecepatan refresh mencapai 120Hz namun tetap ada keterbatasan yang masih bisa ditolerir di sini seperti tampilan agak pucat, ram tidak dual chanel, dan SSD kecil.

Secara umum, kekurangan diatas tetap dapat diterima sehingga IdeaPad Gaming 3i adalah pilihan yang baik jika belum cukup budget untuk membeli laptop gaming kelas atas

Klik untuk beli di Shoope!

Klik untuk beli di Tokopedia!

Klik untuk beli di Lazada!

Cara memilih laptop gaming murah

Laptop adalah mesin yang kompleks sehingga ada banyak hal yang harus dipikirkan khususnya laptop gaming. Berikut adalah hal-hal penting yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan sebelum membeli.

Kartu grafis / GPU

Untuk bermain game, kartu grafis adalah komponen utama di laptop Kalian, karena GPU akan melakukan sebagian besar pekerjaan saat kita bermain game.

Kartu grafis yang lebih baik = kinerja yang lebih baik (lebih banyak frame per detik) jadi sebagai acuan praktis, pilihlah kartu grafis terbaik yang Anda mampu.

Ada banyak pilihan, baik dari Nvidia maupun AMD, tetapi jangan berharap terlalu banyak dari laptop gaming terjangkau. Model GeForce GTX kemungkinan besar diperlihatkan disini.

Walau versi GPU sama namun bila dicermati lebih detail tidak sama persis, karena beberapa perangkat menyertakan versi GPU dengan daya rendah sehingga tentu saja kerjanya kurang maksimal, jadi terkadang kita harus menggali spesifikasi atau ulasan tahu persis apa yang ada di dalamnya.

Satu jebakan yang kita harus hindari adalah grafis terintegrasi / IGPU, di mana GPU hanyalah bagian dari prosesor utama. Meskipun ini bisa cukup layak untuk dimainkan jika Anda membeli CPU yang tepat, namun tentu saja tidak cocok untuk performa gaming.

Prosesor / CPU

Meskipun GPU melakukan sebagian besar pekerjaan ketika bermain game, namun tetap penting untuk menggunakan CPU yang cocok untuk bermain game dan untuk pekerjaan sehari-hari

Saat ini, AMD merajai puncak dengan prosesor Ryzen-nya teknologi IGPU nya, tetapi laptop bertenaga Intel masih bagus jika kalian menemukan model generasi terbaru.

Layar

Di pasar laptop gaming terjangkau, Kalian tidak mungkin menemukan resolusi layar 4K atau bahkan Quad HD. Meskipun tidak medapatkan itu semua rasanya Full HD sudah cukup baik dengan resolusi rendah akan membantu Anda mendapatkan frame rate yang cepat meskipun tidak memiliki komponen yang powerfull.

Sesuatu yang perlu ditekankan adalah kecepatan refresh yang tinggi karena banyak laptop gaming terjangkau menawarkan 120Hz atau 144Hz, setidaknya dua kali lipat kecepatan refresh 60Hz tradisional, sehingga menghasilkan gerakan yang mulus dan potensi frame rate yang lebih tinggi. Tidak hanya terlihat lebih baik tetapi dapat memberi keunggulan dibandingkan pemain lain.

Tampilan ini biasanya sedikit mengecewakan dalam hal kinerja seperti warna. Itu bagian yang dikorbankan untuk mendapatkan laptop gaming yang lebih terjangkau.

Memori/RAM dan penyimpanan/Storage

Sangat mudah untuk melupakan kedua hal ini ketika kita sudah terhipnotis oleh prosesor dan kartu grafis. Sehingga kabar buruknya berarti bisa menjadi area di mana pabrikan laptop melakukan penurunan biaya yang mungkin tidak Kita sadari. Misalnya, RAM mungkin memiliki kecepatan lebih lambat atau hanya singel channel saja dari pada dual channel.

Ini adalah hal yang sangat wajar untuk mencapai harga laptop terjangkau ini tetapi tetap harus periksa spesifikasi model yang akan kita beli.

Seperti komponen lainnya, semakin banyak kapasitasnya maka semakin baik untuk RAM dan storage. Apalagi banyak game terbaru yang menghabiskan puluhan bahkan ratusan GB. SSD lebih cepat tetapi Kalian mungkin tidak mendapatkan banyak kapasitas.

Keyboard dan Baterai

Keyboard mungkin adalah elemen terpenting berikutnya dengan asumsi Kalian menggunakan mouse gaming daripada menggunakan trackpad.

Laptop terjangkau memiliki beberapa keunggulan dibandingkan model kelas atas karena sasisnya yang lebih tebal. Desain lebih tebal berarti lebih banyak ruang untuk berbagai port, yang berarti konektivitas seringkali lebih baik daripada opsi untuk laptop gaming lebih mahal.

Ini juga berarti lebih banyak ruang untuk baterai dan, dikombinasikan dengan komponen daya yang lebih rendah dan tampilan Full HD, dapat menawarkan masa pakai baterai yang lebih lama.