TEKNOARENA.NET – Ingin membeli laptop gaming tapi bingung mau pilih yang mana? jangan khawatir kita bantu untuk memilihnya berdasarkan budget dan kebutuhan kalian.

Tahun 2022 disambut dengan datangnya prosesor Intel generasi ke-12, Kartu Grafis Nvidia RTX varian 20/30 dan seri AMD Ryzen seri 6000 ini yang perlu diperhatikan untuk memilih laptop di tahun ini. Yuk langsung aja kita lihat ulasannya!

Asus ROG Strix G15

Asus ROG Strix G15

Kelebihan

  • Powerfull
  • Tampilan 300Hz yang oke banget
  • Keyboardnya oke punya

Kekurangan

  • Tidak ada webcam
  • Tidak ada cardreader
  • Desain agak tebal

Ada banyak hal yang disukai salah satunya adalah harganya sangat terjangkau dikelasnya dengan dibekali grafis RTX 3050 dan prosesor AMD Ryzen 7 5800H, sehingga sangat baik untuk menjalankan game triple A dan e-Sports.

Layarnya dibekali refresh rate 300Hz sehingga menghasilkan pergerakan yang mulus dan didukung oleh keyboard yang nyaman dan kokoh.  Untuk suhu cukup sejuk dan tidak bising saat penggunaan. Harga yang relatif rendah berarti pengurangan di beberapa fitur dan dengan desain sedikit lebih tebal dan lebih berat daripada kompetitor, tetapi itu hal itu bukan masalah pada laptop kelas menengah yang luar biasa ini.

Klik untuk beli di Shopee!

Klik untuk beli di Tokopedia!

Klik untuk beli di Lazada!

Alienware m15 R5

Alienware m15 R5

Kelebihan

  • Performa Gaming luar biasa
  • Keyboard cukup memuaskan
  • Chip AMD yang mumpuni
  • Layar 165 Hz berkualitas tinggi

Kekurangan

  • Trackpad kurang bagus
  • Speaker biasa saja

M15 Ryzen Edition R5 adalah salah satu model Alienware paling terjangkau di pasaran saat ini. Dan, sebagian besar, laptop ini memiliki performa memuaskan dari sisi: memiliki gaming mainstream yang solid dengan dibekali prosesor yang sangat baik dari AMD dan grafis dari NVIDIA RTX, serta memiliki layar yang bagus, keyboard yang memuaskan dengan opsi Cherry MX, dan tampilan yang bagus. Konektivitasnya juga tidak buruk.

Harga yang relatif rendah berarti pengorbanan dibeberapa fitur yaitu Speaker dan trackpad yang mengecewakan, masa pakai baterai bisa lebih baik namun laptop ini agak panas.  Namun semua itu terobati dengan performa yang luar biasa membuatnya menjadi laptop mainstream yang bagus.

Klik untuk beli di Shopee!

Klik untuk beli di Tokopedia!

Klik untuk beli di Lazada!

Asus ROG Zephyrus G14

asus rog zephyrus g14

Kelebihan

  • Performa Grafis yang kuat
  • Desain ringkas
  • Pilihan tampilan layar yang bagus

Kekurangan

  • Lampu layar keyboard yang kurang oke
  • Fan nya agak berisik

ROG Zephyrus G14 memadukan kekuatan laptop gaming dengan kepekaan ultrabook menjadikannya salah satu laptop gaming paling ringkas dan kuat yang pernah kami lihat.

Yang paling penting adalah desain ringkas didalamnya, namun dapat menampung Ryzen 9 4900HS, RAM DDR4 32GB, hingga 1TB M.2 NVMe SSD dan, yang paling mengesankan, Nvidia GeForce RTX 2060 Grafis Max-Q.

Uniknya cover penutupnya yang sarat LED ala ‘AniMe Matrix’, dapat menampilkan gambar, teks, equalizer, dan bahkan GIF animasi – sempurna untuk menambahkan sentuhan karakter dan personalisasi ke laptop kalian atau sebagai sarana untuk berbicara tanpa suara atau memberikan kode kepada lawan anda selama kompetisi gaming/esports.

Klik untuk beli di Shopee!

Klik untuk beli di Tokopedia!

Klik untuk beli di Lazada!

Acer Predator Helios 300

acer predator helios 300

Kelebihan

  • Kecepatan Gaming
  • Generasi 10 dari CPU Intel
  • Keyboard dan konektifitas yang oke

Kekurangan

  • Daya tahan baterai
  • Kualitas layar kurang oke
  • Desain sedikit gemuk

Helios 300 adalah varian dari laptop gaming dari Acer yang menawarkan perpaduan antara komponen dan fitur yang bagus.

Jika Kalian membutuhkan kecepatan untuk memainkan game mainstream dan eSports, maka Intel dan CPU Generasi ke-10 dan GPU Nvidia GeForce RTX 2060 adalah jawabannya. Game akan ditampilkan pada layar 144Hz dengan mulus. Ada beberapa kelemahan yang perlu dipertimbangkan termasuk kualitas layar rendah di luar kecepatan refresh rate, masa pakai baterai yang biasa-biasa saja dan desain yang cukup tebal.

Klik untuk beli di Shopee!

Klik untuk beli di Tokopedia!

Klik untuk beli di Lazada!

Panduan pembelian Anda untuk laptop gaming terbaik di tahun 2022

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika Anda memilih laptop gaming.

Anda memerlukan CPU yang mumpuni generasi terbaru, chip grafis yang cukup kuat untuk menjalankan game sesuai spesifikasi developer game, kapasitas RAM yang cukup untuk menyimpan aplikasi dalam memori, drive penyimpanan berkapasitas besar dan cepat untuk menyimpan game dan file lainnya, ukuran resolusi yang cukup besar dan layak untuk melihat game dijalankan, dan sasis yang bagus dan kokoh untuk menampung semua komponen ini.

Dengan mengingat hal itu, kami telah mengelompokkan saran pembelian kami berdasarkan komponen untuk membantu Anda mengetahui apa yang harus dicari. Oh, dan jika Anda ingin membeli laptop tangguh yang tidak dirancang khusus untuk bermain game, lihat panduan kami untuk laptop terbaik.

Prosesor mana yang terbaik?

Dari Intel, prosesor Core generasi terbaru adalah ide bagus untuk performa terbaik dan umur pemakaian panjang. Namun, memilih model tahun sebelumnya dapat menghemat banyak uang jika Kalian menemukan laptop yang harganya lebih murah karena usianya.

Versi lama, hanya saja bukan model terbaru sehingga cenderung mendapatkan diskon untuk distributor mengosongkan stok. Sekarang chip AMD Ryzen cenderung mengungguli Intel dalam hal kinerja.

Kartu grafis mana yang harus saya pilih?

Kartu grafis bisa dibilang merupakan komponen yang paling penting dari laptop gaming, karena melakukan sebagian besar pekerjaan saat bermain game. Tidak seperti PC desktop dimana kalian bisa upgrade sesuai hati,namun tidak untuk di laptop, jadi kalian harus membayar lebih untuk mendapatkan yang pengalaman gaming terbaik.

Laptop dengan chip grafis Nvidia GTX adalah model lama tetapi masih memberikan kinerja yang layak. Kalian juga akan melihat versi ‘Desain Max Q’ dari kartu-kartu ini sebagian besar karena dibuat agar muat di dalam sasis laptop, meskipun beberapa terkadang memiliki kartu yang sesuai ukuran aslinya.

Jika Anda menginginkan teknologi terbaru, carilah kartu GeForce RTX untuk meningkatkan kinerja bersama dengan fitur-fitur seperti ray tracing. Namun tentu saja lebih mahal.

Ingatl juga bahwa AMD akhir-akhir ini dan memiliki banyak chip Ryzen dan GPU Radeon yang berkualitas tinggi.

Layar apa yang saya butuhkan?

Perkembangan teknologi dari Layar laptop telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, dengan resolusi layar yang sekarang mencapai full-HD (1920×1080), dan menggunakan teknologi yang lebih baik daripada tipe TN dasar yang ditemukan pada laptop murah. Carilah panel IPS, yang menawarkan tampilan lebar dan konsisten dari semua sudut, rasio kontras yang lebih baik, dan  warna yang lebih bervariasi.

Jangan tertipu dengan kecerahan layar – rasio kontras, terutama pada pengaturan kecerahan yang lebih rendah, hanya akan menyilaukan mata kalian dengan angka 300nits.

Sekarang jauh lebih mudah untuk menemukan layar dengan lapisan anti-silau yang lebih praktis, berlawanan dengan tren panel reflektif mengkilap yang dulunya tidak dapat dihindari dari sebagian besar produsen laptop.

Berapa banyak penyimpanan yang saya butuhkan?

Untuk penyimpanan, SSD akan sangat meningkatkan kecepatan pada saat boot PC, meluncurkan aplikasi dan membuka serta menyimpan file. Namun tidak akan membuat game berjalan lebih cepat, meskipun dapat mengurangi waktu loading screen, dan memulai game dengan lebih cepat.

Namun demikian, SSD selalu disarankan, dengan opsi HDD dijadikan penyimpanan kedua untuk menyimpan koleksi game. Ingatlah bahwa game anyar memakan banyak ruang, jadi dapatkan ruang sebanyak mungkin.

Apakah laptop gaming memiliki suara yang lebih baik?

Beberapa gamer suka menggunakan headphone atau headset, terutama dalam game multi player, tetapi jika Kalian tidak ingin menghabiskan waktu mengenakan pelindung telinga (karena speaker cempreng), Harus lebih banya riset bahwa saat ini laptop game modern suaranya lebih halus. Yang berarti Kalian mungkin bisa menghargai speaker stereo built-in laptop.